Jumat, 27 Mei 2011

Rp_Rp Gaji Taruna.. Rp_Rp

Siang hari di kampus Akpol, apel makan siang dimulain dengan olahraga siang, peregangan anggota badan, terik sinang hari  ga jadi masalah buat taruna, meski seorang rekan nyeletuk katanya 'Matahari tuh udah bosen liat kita duul' tak peduli dengan semangat taruna melaksanakannya.
Selesai apel siang, taruna masuk Ruang Makan, makan gratis dimana-mana memang enak, apalagi di Akademi Kepolisian segala keperluan termasuk makan 3 kali sehari dengan lauk pauk yang sudah diukur takaranya sesuai standar aktivitas oleh  Ahli Gizi Mabes Polri. sesaat tersadar kalau makanan disini itu gratis buat seluruh taruna. Siang itu lahapnya Brigdatar makan membuat selera makanku naik.

Waktu menunjukan pukul 14.05, seluruh taruna sudah berada di kelas untuk melaksanakan perkuliahan, saat itu kelasku adalah mata kuliah Kepemimpinan dengan Dosen Komisaris Besar Polisi Drs Jati Waluyo, ditengah perkuliahan, beliau menanyakan tentang kebutuhan yang dipenuhi taruna di Lemdik Akpol ini, dengan uang saku yang ada dibagikan tentu sudah cukup, dan beliau memberikan sedikit info mengenai "gaji"  yang sebenarnya diterima taruna, dalam satu bulan, dalam perhitungan untuk satu orang taruna dapat menghabiskan biaya kurang lebih 6juta rupiah! Subhanallah, pikirku gaji seorang Kapten saja belum dapat segitu. itu sudah termasuk biaya makan dan opersional taruna, dalam latihan dan perkuliahan. tapi belum termasuk pembagian Kapperlap.

Perbincangan itu membawa angin segar bagi kelasku dalam, cukup memotivasi, menerawang padahal dulu-aku cuma dapat ongkos 5ribu rupiah tiap berangkat sekolah, dan kalau dihitung-hitung cuma dapat 3ratus ribu, itupun kurang karena pasti Ibu tidak memberiku uang jajan tiap hari minggu dan tanggal merah.

Bersyukur yang bisa kulakukan saat itu, berjanji akan menjadi taruna yang baik dan bisa di banggakan dan bermankna, minimal untuk diri sendiri.. selanjutnya buat keluarga, Bangsa Negara Agama dan Dunia (dan dia) hehe..


2 komentar:

  1. subhanallah
    semua orang pasti pengen banget deh jadi taruna akpol, semoga esti juga bisa jadi kayak kakak :)

    BalasHapus
  2. Mohon izin nanya pak, mau nanya awal awal pendidkan untuk taruna baru gimana ya

    BalasHapus